Tuesday, October 22, 2013

Gulai Ikan Tanpa Santan


Resep asli disini 

Saya modifikasi resep asli disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan bumbu di dapur saya. Saya puas dengan hasilnya.

Bahan:

ikan (saya pakai 4 potong haddock fillet)
500 ml air
1/2 potong jeruk nipis, peras
Minyak untuk menumis

garam
2 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam

Bumbu dihaluskan:


1 bawang Bombay ukuran sedang
3 suing bawang putih
1/2 paprika merah (saya tidak bias makan pedas)
1 sdt kunyit bubuk
1 - 1.5 cm jahe

Cara membuat:


Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk dan daun salam.
Masukkan air biarkan mendidih.
Masukkan ikan, masak beberapa saat (saya memasaknya sekitar 5 - 10 menit sampai sari ikan bercampur rata dengan air/menjadi kaldu.

Masukkan, tambahkan garam dan perasan jeruk nipis.
Masak sebentar hingga semua bumbu tercampur rata.

Siap di sajikan.

No comments: